DOWNLOAD HERE
IKLAN

Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS

Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS - Hallo sahabat Balakutak Racing, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips dan Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS
link : Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS

Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS

Arcgis Adalah Software yang banyak di gunakan dalam pekerjaan pemetaan. baik untuk perencanaan jalur pengukuran, untuk langkah demobilisasi team survey dan lain sebagainya

Sumber gambar: http://www.esri.com/partners/partners-alliance/microsoft

Pemrosesan data spasial pada ArcGIS dapat dilakukan dengan dua cara: menggunakan fitur-fitur yang sudah dibuat oleh ESRI (seperti toolbox atau tabel atribut) dan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang dapat mengakomodir ArcGIS adalah VB Script dan Phyton.


Salah satu fungsi mendasar yang ada pada VB Script adalah fungsi IF, yaitu untuk melakukan pemrosesan menggunakan logika yang sistematis (entah kalimat saya ini tepat atau tidak, saya tidak ahli di IT, namun semoga pembaca mengerti apa yang ingin saya sampaikan). 

Fungsi IF dapat dilakukan di ArcGIS untuk melakukan seleksi terhadap record-record tertentu berdasarkan logika yang dibuat oleh “programmer”. Contoh penggunaan fungsi IF dalam seleksi fitur di ArcGIS adalah sebagai berikut.


if [REMARK] = "Jalan Arteri" then
A = 0
elseif [REMARK] = "Jalan Kolektor" then
A = 1
elseif [REMARK] = "Jalan Lain" then
A = 2
elseif [REMARK] = "Jalan Lokal" then
A = 3
elseif [REMARK] = "Jalan Setapak" then
A = 4
else
A = null
end if


Maksud dari algoritma tersebut kurang lebih adalah bahwa “jika hierarchy = A, maka jika sebuah record field ‘remark’-nya terisi jalan arteri, maka field hierarchy-nya akan terisi angka 0, 

jika jika sebuah record field ‘remark’-nya terisi jalan kolektor, maka field hierarchy-nya akan terisi angka 1, dst hingga angka 4, dan remark di luar jalan arteri, kolektor, lain, lokal, Dan setapak akan terisi null”. Hasil dari pemrosesan itu dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Contoh ini hanya sebagai dasar saja, untuk logika lain yang sejenis atau pengembangannya yang lebih rumit pasti berdasar pada algoritma sederhana ini. 

Namun ketika yang sederhana ini ada yang terlewat, sudah pasti pemrosesan tidak akan berjalan.


Demikianlah Artikel Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS

Sekianlah artikel Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fungsi IF untuk Seleksi pada ArcGIS dengan alamat link https://balakutakracing.blogspot.com/2016/02/fungsi-if-untuk-seleksi-pada-arcgis.html


Jangan Lupa Bagikan Halaman Ini

Tidak Ada Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel